Tuesday 25th November 2014,

PKK Harus Berperan di Tengah Masyarakat

admin 29 January 2014 Berita No Comments
PKK Harus Berperan di Tengah Masyarakat

MEDAN – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara Hj Sutias Handayani berharap PKK terus berbenah dan kembali meningkatkan peranannya di tengah masyarakat. Peranan pemberdayaan masyarakat ini harus bisa digiatkan mulai dari kota hingga ke desa-desa.

Pentingnya revitalisasi peranan PKK ini ditegaskan Sutias saat Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK 2014 Tingkat Provinsi Sumut, di Hotel Santika, Medan, Selasa (28/1).

Menurut Sutias, revitalisasi PKK menjadi solusi untuk menyegarkan kembali program yang pernah berjaya mewarnai masyarakat Indonesia di era Orde Baru tersebut. Sejumlah program PKK saat itu berhasil secara positif membentuk keluarga dan masyarakat yang lebih sehat dan lebih baik.

Dalam suasana berbangsa saat ini, PKK masih sangat relevan karena lewat peran serta para ibu rumahtangga , PKK bisa mewarnai masyarakat dengan menata rumahtangga mereka agar semakin baik.

Di tengah degradasi moral misalnya, peran ibu melalui gerakan PKK bisa dioptimalkan untuk mengawasi juga menyadarkan anak-anak mereka agar tidak terlibat geng motor, terimbas seks bebas, tidak menggunakan narkoba dan sejenisnya.

Atau untuk kaum bapak, ibu-ibu di PKK juga dapat menyadarkan mereka untuk kembali giat bergotong royong di lingkungan sekitar, dan semangat mencari rezeki secara halal.

“Jadi peranan PKK itu tidak lagi melulu berkutat di bidang keterampilan,merangkai bunga atau bidang kerajinan lain. Tapi PKK dalam konteks kekinian bisa lebih aktif memperbaiki masyarakat. Misalnya mendorong kaum bapak-bapak di rumah untuk kembali aktif gotong royong di kampung. Membersihkan lingkungan sehingga jika hujan rumah warga tidak kebanjiran,”kata Sutias mencontohkan.

Sutias menekankan, di tengah tantangan berbangsa dan bernegara saat ini jelas PKK masih bisa berperan besar. Selain di bidang keterampilan, para ibu yang tergabung dalam PKK bisa aktif menggiatkan pembinaan mental spiritual keluarga.Karena dari sektor keluarga inilah Indonesia bisa diperbaiki dengan lebih efisien.

Dengan adanya Konsultasi PKK ini, Sutias berharap muncul semangat yang sama untuk mengembalikan peran PKK di tengah masyarakat. Konsultasi dimaksudkan untuk menginformasikan program dan kegiatan Tim Pengerak PKK pusat dan Provinsi serta membangun kesepakatan program kegiatan yang dilaksanakan di Sumut secara seragam.

Program dan kegiatan Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota harus memihak kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (PKK)

Lebih lanjut Sutyas mengatakan Rapat Konsultasi TP PKK ini juga merupakan dalam rangka implementasi hasil Rakernas VII PKK tahun 2010 untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan gerakan PKK di Pusat dan Daerah yang berkaitan dengan Pelaksanaan 10 program PKK mendukung capaian target MDG’s 2015.

Kegiatan ini mendapat apresiasi sangat besar dari Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST,MSi.Menurut Gubsu, TP PKK adalah mitra pemerintah untuk menjalankan program-program kerja.Mulai dari peningkatan kesejahteraan , moral hingga kesehatan di lingkungan keluarga. Karena peran yang strategis ini, Gubsu meminta Pemkab/Pemko ikut mendorong kemajuan program-program PKK melalui pendanaan dari APBD masing-masing.

“Saya sebagai Gubernur merasa bangga dengan peranan TP PKK yang mampu membantu program-program pemerintah di bidang meningkatkan kesejahteraan, pembinaan keluarga dan membina generasi muda. Karenanya saya minta Pemkab/Pemko di Sumut ikut membantu program-program PKK dengan pendanaan dari APBD masing-masing,”kata Gubsu.(#)

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.